Uncategorized

5 hal yang perlu Anda tanyakan kepada dokter Anda sebelum operasi plastik

Sebelum operasi plastik, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Dianjurkan untuk mengetahui informasi sebanyak mungkin tentang prosedur operasi, hal-hal apa yang perlu disiapkan dan berbagai risiko yang dapat timbul dari mudah hingga serius. Anda tidak bisa menebak atau mencari tahu di dunia maya. Yang terbaik adalah pergi langsung ke dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu untuk menjawab hal-hal yang ingin Anda ketahui.
Ada beberapa hal yang wajib dan penting untuk diketahui dari dokter. Nah, inilah daftar pertanyaan utama yang harus Anda tanyakan kepada dokter ahli sebelum membuat keputusan operasi plastik. Lihat pertanyaan di bawah ini.
Apa yang harus ditanyakan kepada dokter Anda sebelum operasi plastik

1.Catatan dokter

Sebelum operasi plastik, ada baiknya Anda menyelesaikan masalah dokter senior di bidangnya. Pertama-tama, Anda dapat mengajukan permohonan untuk sertifikat operasi plastik yang Anda miliki. Maka pada dasarnya Anda perlu tahu operasi dan ahli bedah apa yang dibutuhkan.

Misalnya, spesialis rekonstruksi biasanya menangani kasus-kasus seperti luka bakar, cedera akibat kecelakaan, cacat lahir atau cacat lahir. Sedangkan bedah kosmetik biasanya untuk bedah kosmetik jenis ini.

Sementara reputasi dan sertifikat dokter harus diketahui untuk menghindari menjadi korban malpraxis. Juga, ingatlah untuk bertanya berapa banyak operasi yang telah dilakukan dokter. Ini berguna untuk meyakinkan Anda bahwa dokter Anda adalah seorang ahli dan tepercaya dalam bidang Anda.

2.Di mana dan bagaimana prosedur operasi dilakukan

Secara umum, ada beberapa prosedur bedah yang dilakukan. Selain itu, Anda mungkin diizinkan meninggalkan rumah sakit setelah operasi. Anda juga harus dirawat di rumah sakit sepenuhnya. Biasanya, dokter akan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti usia, kesehatan, dan jarak dari rumah dari tempat operasi.

Namun, secara umum, perawatan di rumah sakit akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada perawatan rawat jalan. Nah, ini harus dipertimbangkan. Ingatlah untuk memikirkan faktor risiko kesehatan selama dan setelah operasi.

3. Apakah Anda tahu jenis anestesi apa yang akan digunakan dokter?

Pada tahap konsultasi ini, penting untuk bertanya pada diri sendiri jenis anestesi apa yang akan digunakan selama operasi selanjutnya. Berikut ini adalah contoh anestesi yang akan dijelaskan sebelum melakukan operasi plastik.

Anestesi umum. Siap untuk menekan sistem saraf pusat yang membuat Anda tidak sadar selama operasi. Anestesi ini umumnya disuntikkan ke dalam tubuh atau melalui gas yang dimasukkan ke saluran pernapasan.
Anestesi regional. Anestesi ini disuntikkan di sekitar saraf pusat untuk menghilangkan sensasi di area tubuh tertentu. Sementara di bagian tubuh lain Anda akan tetap sadar. Dua jenis anestesi masih dibagi menjadi tipe-tipe ini, dan anestesi spinal yang disuntikkan ke tulang belakang pasien dan anestesi epidural.
Anestesi lokal. Disuntikkan ke bagian tubuh tertentu. Fungsinya untuk menghilangkan sensasi dari bagian yang ingin dibedah. Secara umum, pasien akan tetap sadar setelah anestesi dengan anestesi lokal.

4.Seberapa tinggi risiko operasi yang akan Anda derita?

Setiap operasi tentu memiliki risiko sendiri. Sebelum operasi plastik, ada baiknya tanyakan kepada dokter Anda apa risikonya. Risiko operasi serius, biasanya terkait dengan kehilangan darah, infeksi atau reaksi berlebihan terhadap anestesi umum. Meski jarang, konsekuensinya bisa merujuk pada kematian.

Ada beberapa jenis prosedur yang lebih berbahaya daripada yang lain, meskipun kemajuan terakhir terus membuat komplikasi lebih kecil. Karena operasi plastik adalah suatu pilihan, ahli bedah biasanya akan menolak untuk membedah setiap pasien yang merasa risikonya terlalu tinggi. Karena itu, komplikasi serius dengan operasi plastik sebenarnya cukup jarang.

Anda juga dapat bertanya pada diri sendiri berapa banyak komplikasi serius yang diperlukan oleh operasi plastik, walaupun ini sebenarnya dilarang. Namun, ahli bedah harus bersedia memberikan informasi ini sehingga Anda merasa nyaman, membuat pilihan yang paling tepat untuk kesehatan dan keselamatan Anda sendiri.

5.Lihat foto sebelumnya dari pasien lain yang telah dioperasi oleh dokter Anda

Biasanya, dokter profesional akan menunjukkan foto “sebelum-sesudah” pasien yang mereka kelola untuk materi promosi mereka atau dapat diilustrasikan.

Minta dokter Anda untuk menunjukkan hasil dari pasien yang telah ia rawat. Secara umum, foto-foto ini hanya diperbolehkan untuk ahli bedah yang telah menyelesaikan persyaratan pelatihan dari pemegang sertifikasi operasi plastik tertentu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*